November 02, 2010

SOCIAL NETWORK BUSINESS

Saat ini jejaring social atau social network semakin banyak bertebaran di dunia internet. Mulai dari facebook, twitter, plurk, myspace, dan lain sebagainya. Hal ini menimbulkan suatu pikiran untuk membuka, menawarkan, maupun mengembangkan suatu bisnis melalui jejaring social ini. Karena seperti yang kita ketahui jejaring social memiliki traffic web yang sangat tinggi saat ini. Contohnya adalah facebook, saat kita membuka satu halaman facebook, maka kita akan banyak sekali melihat “advertising” di sebelah kanan halaman tersebut.

Dengan menggunakan social network untuk melakukan aktivitas marketingnya, perusahaan tersebut akan mendapatkan beberapa keuntungan diantaranya :

  • Informasi dari customer, di dalam social network banyak sekali grup-grup yang dibuat untuk membahas suatu produk dagang dari berbagai perusahaan. Hal ini sangat menguntung bagi perusahaan yang bersangkutan, karena dengan adanya pembahasan tersebut, perusahaan menjadi lebih tau keinginan dari pembeli (customer) secara langsung.
  • Image perusahaan, dengan menggunakan jejaring social sebagai metode pendekatan terhadap konsumen, perusahaan akan memiliki image yang lebih baik dibandingkan dengan perusahaan yang tidak ikut dalam jejaring sosial tersebut. Contohnya adalah keluhan dapat segera ditanggapi oleh wakil dari perusahaan melalui jejaring social itu.
  • Community, membangun suatu komunitas yang membahas suatu produk dari perusahaan yang bersangkutan. Dengan adanya komunitas ini maka perusahaan dapat dengan mudah mengumpulkan informasi dari kostumer.
  • Service and Support, dengan semakin berkembangnya komunitas maka perusahaan dapat menerima saran dari customer untuk meningkatkan mutu produknya dan juga perusahaan dapat memberikan tips dan solusi kepada customer dalam penggunaan produknya.
  • Biaya, akan mengurangi biaya – biaya perusahaan seperti biaya support, marketing, dll

Namun bisnis yang dilakukan melalui jejaring social tidak selamanya berdampak baik ke konsumen maupun ke perusahaan tersebut jika tidak dilakukan dengan baik. Masalah – masalah yang akan timbul antara lain :

  • Keamanan,sesuatu yang berhubungan langsung dengan internet sudah dapat dipastikan bahaya akan selalu mengintainya. Banyak peretas yang akan mencoba untuk mengambil informasi yang berhubung dengan data perusahaan.

  • Kekayaan Intelektual, hal ini berhubungan langsung dengan informasi penting perusahaan. Jika suatu perusahaan mengalami kebocoran informasi, maka hal ini sangat disayangkan, karena dapat membuat orang-orang yang diluar perusahaan dapat mengatahuinya. Bisa saja dengan terjadinya hal tersebut membuat image dari perusahaan yang bersangkutan menjadi turun di mata masyarakat.

No comments:

Post a Comment