November 02, 2010

SII (Strategy of Information Integration)




Integrasi berasal dari bahasa inggris yaitu “integration” yang berarti kesempurnaan atau keseluruhan. Dalam hal ini strategi informasi integrasi berarti suatu strategi penggabungan informasi secara keseluruhan. Oleh karena itu, biasanya SII baru digunakan pada saat suatu perusahaan melakukan rekonstruksi maupun melakukan merger.


Merger atau yang sering dikenal dengan akuisisi biasanya dilakukan untuk menolong perusahaan kecil yang akan bangkrut agar dapat tetap berjalan. Merger sendiri biasanya dilakukan oleh dua atau sejumlah organisasi, contohnya adalah perbankan, asuransi, pendidikan, dsb.


Sedangkan rekonstruksi suatu perusahaan dilakukan dengan mengubah pola relasi antar anak perusahaan. Dengan melakukan SII ini diharapkan integrasi antara perusahaan besar dan kecil memiliki porsi yang seimbang.

Dalam melakukan pengintegrasian, suatu perusahaan akan melewati enam tahap evolusi, yaitu :

  1. Eksploitasi Kapabilitas Lokal
  2. Lakukan Integrasi Tak Tampak
  3. Kehendak Berbagi Pakai
  4. Redesain Arsitektur Proses
  5. Optimalkan Infrastruktur
  6. Transformasi Organisasi

Dengan adanya pengintegrasian ini akan membawa keuntungan untu perusahaan diataranya :

  • membaiknya arus informasi dalam sebuah organisasi dalam perusahaan
  • mendorong manajer untuk membagikan informasi yang dihasilkan oleh departemennya agar secara rutin mengalir ke sistem lain yang memerlukannya.

No comments:

Post a Comment