November 02, 2010

E-Commerce dan E-Business



Pada artikel kali ini saya akan mencoba membahas mengenai e-commerce dan e-business. Kata keduanya jika di artikan secara langsung adalah electronic commerce dengan electronic business. Elektronik pada kata tersebut merujuk kepada teknologi informasi. Dengan kata lain untuk e-commerce sendiri adalah kegiatan dalam mencari suatu keuntungan (komersil) dengan memanfaatkan teknologi informasi. Bentuk teknologi di istilah ini pun kembali dikrucutkan menjadi internet.


Pemanfaatan teknologi internet untuk mencari keuntungan mulai banyak diminati orang-orang. Hal ini dikarenakan dengan memakai internet dapat di ibaratkan sang penjual memiliki “toko” yang buka 24 jam/hari, 7 hari/minggu tanpat harus membayar gaji pegawai selama itu. Karena “toko” tersebut dapat ditinggal sesuka hati seller.


Kembali ke pengertian commerce, dalam buku Intoduction to Information Technology, commerce berarti perdagangan elektronik mencakup proses pembelian, penjualan, transfer, atau pertukaran produk, layanan, atau informasi melalui jaringan komputer, termasuk Internet (Tuerban, 2005:181). Dalam perdagangan, kita mengenal istilah penjual dan pembeli lalu perdagangan sesungguhnya ada barang atau jasa yang dijual dan tentu ada pembelinya. Kata ‘perdagangan’ itu sendiri berdiri dengan arti sekedar tawar menawar antara penjual dan pembeli, lalu apabila keduanya sepakat maka barulah dilakukan transaksi. Perdagangan yang seperti ini terjadi hanya ‘sesaat’ dan tidak ada relasi yang berarti antara penjual dan pembeli, dalam hal ini perdagangan hanyalah sekedar kegiatan menjual dan membeli.


E-Business

Definisi e-business secara sederhana adalah penggunaan internet untuk berhubungan dengan konsumen, rekan bisnis, dan supplier. Penggunaan internet menyebabkan proses bisnis menjadi lebih efisien. Beda e-business dengan e-commerce, e-commerce hanya berupa transaksi secara elektronik di internet sedangkan e-business termasuk juga pertukaran informasi secara online. Misalnya sebuah perusahaan manufaktur membagi informasi persediaan bahan baku ke supplier, sebuah lembaga keuangan membagi informasi tentang perbankan, credit card, kepada konsumen mereka.

Dalam e-business terdapat 3 buat proses utama:

  1. Production process, yang meliputi pengadaan, pemesanan, dan penambahan stok; memproses pembayaran dan pengendalian proses produksi.
  2. Customer-focused process, yang meliputi upaya promosi dan pemasaran, penjualan melalui internet, memproses pemesanan dan pembayaran customer.
  3. Internal management process, yang meliputi pelayanan pegawai, training, sharing-informasi internal, video confrence, dan perekrutan.

Contoh lainnya adalah Harian Kompas. Harian Kompas memiliki e-business berupa Kompas Online. Kompas menjalankan proses bisnis utamanya berupa penyediaan berita dan distribusinya, tidak lagi hanya melalui media cetak saja tetapi juga melalui internet. Keuntungan yang dapat diberikan Kompas online dapat diakses oleh seluruh penduduk di Indonesia (bahkan dunia), up to date, memangkas biaya kertas, dapat diakses 24 jam, dll. Dan perusahaan penyiadaan koran kompas juga mendapat keuntungan dari iklan-iklan yang dipasang di website mereka.


Sumber : - http://en.wikibooks.org/wiki/E-Commerce_and_E-Business/

No comments:

Post a Comment