December 01, 2010

Merapi Meletus, Perekonomian Indonesia Terganggu



Indonesia berduka, mungkin itulah kata-kata yang tepat untuk mewakili bencan-bencana yang terjadi di Indonesia. Bencana yang silih berganti menghantui pikiran warga Indonesia, dimana lagi bencana akan terjadi. Seperti yang kita ketahui dalam beberapa bulan terakhir ini ada tiga bencana besar terjadi, Banjir di Wasior, tsunami di Mentawai, dan letusan gunung merapi bahkan saat ini gunung bromo pun sedang dalam keadaan waspada. Belum hilang dari pikiran kita apa yang menimpa saudara-saudara kita di Yogyakarta. Dimulai hujan abu vulkanik yang kemudian di akhiri dengan letusan gunung merapi yang merenggut banyak korban.


Kejadian itu memiliki dampak yang sangat besar bagi Indonesia, khususnya bidang perekonomian di sekitar gunung merapi. Seperti yang kita ketahui, Yogyakarta juga merupakan salah satu pusat pariwisata yang terkenal di Indonesia. Dengan meletusnya gunung merapi, dunia pariwisata di Yogyakarta, magelang dan sekitarnya mati suri. Sejumlah penerbangan dari dan ke Bandara Adi Sutjipto pun dibatalkan, begitu pula dengan sejumlah penerbangan di beberapa kota lainnya seperti Solo, Jakarta dan Bandung.


Perhotelan pun terkena dampaknya, banyak wisatawan mancanegara yang harus menunda kedatangan mereka ke yogjakarta dengan begini perhotelan pun akan menjadi sepi. Dampak ini mungkin akan berlangsung agak lama, dikarenakan sebagian turis maupun warga sekitar masih menderita trauma. Semoga saja perekonomian Indonesia dapat pulih secepatnya, khususnya di daerah – daerah yang sedang terkena bencana.

No comments:

Post a Comment